Jumat, 06 Januari 2012

Hasil Kebudayaan Manusia dan Tanggung Jawab

      Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia untuk menanggung resiko atas perbuatan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak. Manusia memiliki nilai tinggi serta harga diri dikatakan bertanggung jawab apabila bisa menerima tantangan dan bersedia menangani beban yang diemban kepadanya.
      Sedangkan kebudayaan keseluruhan hasil karya manusia dan kebiasannya yang terdiri dari pikiran, perasaan, tingkah laku, maupun reaksi sebagai anggota masyarakat. Hubungan manusia dengan kebudayaan yakni kebudayaan terdapat dalam diri manusia masing-masing kebudayaan sebagai objek yang dilaksanakan manusia.
       Contoh hasil budaya manusia dan tanggung jawab yakni seorang bapak. Bapak bertanggung jawab atas keluarganya dengan bekerja mencari nafkah sebagai penopang ekonomi keluarga. Seharian sosok bapak di tempat kerja bukan tanpa alasan lain, yakni hanya untuk mengais rejeki untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya baik makan, keperluan sekolah anak, dan sebagainya. Ini menjadi budaya tanggung jawab setiap bapak di dunia ini.
Contoh kebudayaan tanggung jawab

Referensi;


Tidak ada komentar:

Posting Komentar